Thursday, August 9, 2012

Cegah Kanker dengan Sayuran Hijau

Halau Kanker dengan Sayuran HijauGhiboo.com - Mengonsumsi sayuran hijau memang wajib hukumnya. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa sayuran hijau terbukti membantu melawan sel-sel kanker.

Peneliti dari Oregon State University di Amerika menemukan bahwa di dalam sayuran hijau terdapat senyawa sulforaphane, yang menjadi agen anti-kanker.

Sulforaphane merupakan antioksidan yang sangat kuat. Antioksidan ini juga merangsang produksi enzim detoksifikasi alami dalam tubuh.

Mengonsumsi sayuran yang mengandung sulforaphane diyakini bisa mengurangi risiko kanker, terutama kanker payudara dan prostat.

"Makan sayuran lebih banyak membantu mengurangi risiko penyakit, karena sayuran mencegah perkembangan sel-sel yang rusak dan itulah yang disebut kanker," jelas Ahli makanan, Simone Austin.

Berikut ini beberapa sayuran hijau yang kaya akan sulforaphane:


Brokoli
Brokoli mengandung tingkat sulforaphane yang tinggi. National Health Institute menemukan konsentrasi sulforaphane dalam brokoli mencapai 1153 mg per 100 gram (berat kering).

Kubis
Kubis merupakan jenis sayuran crucifera yang sangat berserat. Kandungan sulforaphane akan dilepaskan ke dalam tubuh saat Anda mengunyahnya dan melewati saluran pencernaan. Selain kubis, kembang kol, selada air dan collard hijau merupakan contoh sayuran lain yang mengandung sulforaphane.

Temuan dari Fred Hutchison Cancer Research Center menemukan bahwa pria yang mengonsumsi tiga porsi sayuran hijau setiap minggu mampu mengurangi risiko kanker prostat hingga 41 persen.

smoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua

No comments:

Post a Comment