Wednesday, August 15, 2012

Menu Makanan Berkuah Saat Mudik

Pilih Menu Makanan Berkuah Saat Berada di Jalur MudikTRIBUNNEWS.COM - Saat mudik tak jarang bekal yang dibawa tak cukup, sehingga perlu mampir makan di sepanjang jalur mudik. Sehatkah cara seperti ini? Apa kiatnya agar aman?
Ahli nutrisi Emilia E. Achmadi MS, RD, kepada Tribun, Sabtu (11/8/2012), di Jakarta mengatakan mengandalkan makan di sepanjang jalur mudik tak masalah asal diperhatikan jenis makanannya.
Kita bisa makan di rumah makan yang banyak tersedia di jalur mudik, dengan makanan yang tidak akan mengganggu pencernaan selama mudik. Ini kiatnya.
"Rule of thumb-nya makan di pinggir jalan adalah bersih. Pilih makanan yang berkuah, tapi jangan yang santan, pilihan makanan yang dipanggang daripada digoreng," ujar Emilia.
Menurut pemilik website NutrionisMe.com ini, makanan yang dipanggang selalu baik, selama tidak dilumuri dengan santan lagi. Makanan yang digoreng dan bersantan nutrisinya akan berkurang, apalagi jika digoreng dengan minyak yang sudah digunakan berkali-kali. Lalu pilih pula menu sayuran yang dimasak cepat dan buah segar sebagai penutup.
"Dan jangan lupa minum air putih. Jika perjalanannya lebih dari 12 jam, minimal minum 1,5 liter air putih," lanjutnya.
Meskipun berat, karena membawa 1,5 liter air, tetapi jika rutin diminum akan menjadi ringan, dan memenuhi cairan tubuh yang hilang selama mudik.

Selamat Mudik buat rekan - rekan, smoga kita sllu di beri perlindungan oleh sang khalik (amiinn),,

No comments:

Post a Comment