Tuesday, August 14, 2012

Minuman Hangat Lebih Baik dan Menyehatkan

Minuman Hangat Lebih BaikGhiboo.com - Berbuka puasa menjadi saat yang dinantikan setelah seharian menahan lapar dan haus. Tak heran sebagian orang 'balas dendam' dengan memakan dan meminum apapun yang diinginkan.

Makanan berlemak, gorengan dan es menjadi menu favorit di kala berbuka. Sayangnya, menu berbuka tersebut ternyata tidak sehat.

Dokter spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Premiere Bintaro, dr. Bahdar T. Johan, SpPD, menjelaskan bahwa tak terkontrolnya makan makanan berlemak dan gorengan dapat memicu meningkatnya tingkat kolesterol tubuh.

Selain itu, makanan berminyak dapat memicu radang tenggorokan.

Menurut dr. Bahdar, selain kebiasaan minum es, orang Indonesia juga cenderung berbuka dengan minuman manis, seperti teh manis.

"Teh manis mengandung gula sederhana, yang bisa memicu risiko diabetes. Bagi penderita diabetes, ganti saja dengan buah-buahan, seperti kurma," jelasnya.


Kurma, jelasnya, memiliki gula fluktosa yang dapat diserap dengan mudah oleh usus, sehingga tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah.

Dr. Bahdar juga menambahkan, sebaiknya di saat berbuka meminum minuman hangat yang terbukti lebih sehat.

"Minuman hangat akan masuk ke lambung, dan pembuluh darah di lambung tidak akan menyusut. Hal ini tidak akan menurunkan kerja lambung. Minuman dingin bisa memicu maag atau masalah perut bagi sebagian orang," tambahnya.

No comments:

Post a Comment